Menakertrans Resmikan BLK Internasional di Lombok


 

Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto: Heru Haryono/Okezone)Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto: Heru Haryono/Okezone)JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) bekerja sama dengan pemerintah daerah mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Internasional yang berbasis pariwisata di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

BLK Lombok Timur diproyeksikan menjadi BLK unggulan dan pusat pelatihan kerja di bidang pariwisata berskala internasional, untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan kompetensi kerja di bidang pariwisata.

“Di BLK internasional ini, kita siapkan program-program pelatihan berbasis kompetensi di bidang pariwisatauntuk menjawab kebutuhan tenaga kerja industri pariwisata di Indonesia,“ kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertans) Muhaimin Iskandar, Jumat (28/3/2014) kemarin.

Muhaimin mengatakan, salah satu alasan dipilihnya lokasi BLK di Lombok Timur sebagai pusat pelatihan pariwisata ini, karena Pulau Lombok merupakan salah satu tujuan wisata utama di Indonesia, dan juga letaknya berdekatan dengan Pulau Bali.

“Jumlah wisatawan yang berkunjung kedua wilayah ini terus mengalami peningkatan, sehingga menyebabkan peningkatan permintaan SDM yang kompeten di bidang pariwisata,“ ucapnya.

Kesiapan tenaga kerja di sektor pariwisata yang optimal menjadi salah satu aspek penting untuk menghadapi ASEAN Economic Community 2015, di mana setiap negara anggota ASEAN telah sepakat untuk melakukan perdagangan bebas barang dan jasa.

Saat ini tenaga kerja di bidang pariwisata yang dibutuhkan industri pariwisata di dalam dan luar negeri antara lain tenaga kerja bidang perhotelan dan kapal pesiar, juru masak food and beverage,guide wisatawan, sopir, ticketing dan lainnya.

Pemerintah terus mendorong BLK-BLK di seluruh indonesia menjadi pusat peningkatan kompetensi kerja masyarakat berbasis kebutuhan lokal dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif di daerah.

“Pelaksanaan pelatihan keterampilan dan kompetensi kerja yang diadakan di BLK berorientasi pada pasar kerja lokal, nasional, dan internasional sehingga meningkatkan daya saing, serta mengurangi tingkat pengangguran, “ tukasnya.(put)

sumber: Okezone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s