Garuda Layani Penerbangan Langsung Lombok-Kupang


KORANLOMBOK - Garuda Indonesia

Garuda Indonesia

Mataram ( Berita ) :  Maskapai penerbangan Garuda Indonesia melayani penerbangan langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL) di Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Bandara El Tari Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Penerbangan perdana rute Lombok-Kupang pulang pergi itu dimulai 30 Maret 2014 dan kini berlangsung setiap hari,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi NTB Agung Hartono di Mataram, Kamis [03/04].

Ia mengatakan, Garuda menggunakan pesawat jenis CRJ 1000 NextGen Bombardier Aerospace, yang dibeli oleh Garuda Indonesia dari perusahaan pembuat pesawat asal Kanada Bombardier.

Pesawat jenis itu sudah dipergunakan melayani rute penerbangan Lombok-Makasar sejak awal 2013. Untuk rute baru Lombok-Kupang, dimulai dari Surabaya ke Lombok kemudian Kupang dan kembali ke Lombok lalu ke Surabaya.

Rute penerbangan dari Lombok ke Kupang pukul 10.50 Wita, dan dari Kupang ke Lombok pukul 14.25 Wita. “Tentu rute penerbangan langsung Lombok-Kupang itu akan memacu arus kunjungan wisatawan Australia dari Kupang. Rute penerbangan Darwin-Kupang sudah berlangsung cukup lama,” ujar Agung.

Sebelumnya, rute penerbangan Lombok-Kupang harus melewati bandara transit di Denpasar atau Surabaya dan Jakarta. Pembukaan rute baru oleh Garuda itu sejalan dengan program pengembangan dan ekspansi yang terus dilakukan Garuda, khususnya pada pasar domestik dan regional jarak pendek yang memiliki density tinggi.

Layanan jasa transportasi udara oleh Garuda itu merupakan bagian dari kewajiban mendukung implementasi program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V (mencakup NTB, Bali dan NTT). Koridor V MP3EI itu menekankan pada pengembangan pariwisata dan pendukung pangan nasional.

Upaya nyata yang harus dilakukan terkait implementasi program MP3EI Koridor V itu yakni peningkatan konektivitas antardaerah, antarpulau dan antarnegara.  Bandara Internasional Lombok berada pada kawasan seluas 551 hektare, memiliki landasan pacu panjang 2.750 meter dan lebar 40 meter, sehingga mampu didarati pesawat Air Bus 330 atau Boeing 767 dan dapat menampung 10 unit pesawat di lokasi parkir (apron).

Kapasitas tampung terminal penumpang BIL mencapai tiga juta orang setahun, dengan luas areal parkir terminal 17.500 meter persegi.  Sedangkan landasan pacu bandara El Tari Kupang memiliki panjang 2.500 meter dan lebar 45 meter mampu didarati pesawat Boeing 737 series. Apron bandara berkapasitas 12 pesawat, dan terminal penumpang 6.000 meter persegi. (ant )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s