Bandara Lombok Siapkan Ruang Khusus Keluarga TKI


Metrotvnews.com, Mataram: Bandara Internasional Lombok (BIL) berencana membangun satu ruang tunggu khusus bagi keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebagai solusi mengatasi masyarakat yang selama ini berjubelnya memadati depan pintu masuk utama bandara tersebut.

“Seperti bandara di Hongkong, ada ruang tunggu khusus sehingga mereka bisa dengan leluasa melepas pandang ke area bandara,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komuinikasi dan Informasi (Dishubkominfo) NTB, Agung Hartono, Selasa (28/01).

Menurut Agung, ruang tunggu tersebut rencananya akan dibangun secara bertahap oleh PT Angkasa Pura. Dengan demikian, suasana depan ruang tunggu utama tidak lagi hiruk pikuk dipadati ratusan pengunjung, sehingga tidak mengganggu arus keluar masuk kedatangan maupun keberangkatan penumpang pesawat.

Sebagaimana diketahui, BIL merupakan jalur akses utama TKI asal NTB tujuan Malaysia maupun ke Timur Tengah serta ke sejumlah negara lainnya.

Daerah ini merupakan pemasok TKI nomor dua setelah Jawa Timur, sedangkan kantong TKI terbesar di NTB adalah dari Pulau Lombok, terutama Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan di Pulau Sumbawa hingga Kabupaten Bima.

Belakangan ini tingkat kepadatan keluaga TKI di bandara, yang datang mengantar dan menjemput semakin meningkat, terutama semenjak dibukanya penerbangan langsung Lombok-Kuala Lumpur dengan pesawat AirAsia sejak Oktober 2012.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan TKI, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, H Zainal mengatakan, tahun 2013 lalu pengiriman TKI ke luar negeri sebanyak 45 ribu orang dan tahun ini diperkirakan naik hingga 50 ribu orang. “Dominan ke Malaysia, sisanya tersebar ke beberapa negara tujuan lainnya,” kata Zainal. (Yusuf Riaman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s