Komisioner KPU NTB Belum Dilantik, Ganggu Proses Pemilu


Hingga kini, komisioner KPU Provinsi NTB masih lowong. Dari jadwal semula, komisioner baru akan dilantik pada tanggal 17 Desember 2013, namun batal dilakukan lantaran KPU RI mengundur waktu pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Lowongnya jabatan KPU NTB telah mengganggu proses pelaksanaan pemilu 2014.

Ketua Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi NTB Bambang Karyono kepada Global FM Lombok di Mataram Senin (23/12) mengatakan, pelanggaran aturan oleh peserta pemilu membutuhkan klarifikasi dari KPU. Namun kosongnya anggota KPU membuat laporan pelanggaran tersebut tidak bisa diselesaikan. Memang komisioner KPU telah memberi mandat kepada secretariat KPU untuk melaksanakan kegiatan pemilu, namun pada persoalan pelanggaran ini, sekretariat KPU merasa diluar kewenangannya.

“ Kami menangani beberapa pelanggaran seperti DCT dan juga kampanye. Dalam hal ini kami tidak bermaksud mencampuri urusan rumah tangga KPU, tetapi bahwa kami merasakan akibat dari terlambatnya proses rekrutmen ini. Rekomendasi kami tidak ada yang menindaklanjuti” Katanya.

Bambang mengatakan, urusan yang sedang ditangani Bawaslu NTB yang direkomendasikan ke KPU yaitu masih ditemukan ada caleg DCT yang masih menjabat sebagai pegawai BUMN. Bawaslu berniat menanyakan berkas-berkas caleg yang bersangkutan ke KPU, namun tidak bisa diperoleh karena secretariat KPU mengaku tidak berwenang.

Ada lagi persoalan caleg yang namanya tidak tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Persoalan ini menyangkut langsung kepada KPU. “ Jangan sampai akibat dari kondisi ini ( kekosongan komisioner KPU-red) merugikan orang, dalam hal ini merugikan caleg” katanya. (GlobalFMlombok)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s