DPRD NTB Usulkan Pahlawan Nasional dari NTB


Sampai saat ini belum ada  pahlawan nasional yang berasal dari NTB yang sudah ditetapkan oleh pemerintah . Berbeda halnya dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, mereka memiliki pahlawan nasional yang sudah disahkan oleh pemerintah. Diharapkan kedepan, pemerintah daerah mengajukan nama-nama figur putra terbaik NTB menjadi pahlawan nasional yang menjadi kebanggan masyarakat.

Anggota DPRD NTB Nurdin Ranggabarani mengatakan, beberapa nama besar yang pernah lahir di NTB patut ditetapkan sebagai pahlawan nasional seperti Laksamana Madya Lalu Manambai Abdul Kadir, Sultan Muhammad Kaharuddin III, Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Maulana Syaich TGKH Zainuddin Abdul Majid dan lain-lainnya.

”Bahwa didaerah ini pernah lahir Laksamana Madya TNI Lalu Manambai Abdul Kadir, Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin III, Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Maulana Syaich Almagfurulahu Tuan Guru Kyai Haji Zainuddin Abdul Majid dan beberapa putra terbaik bangsa kelahiran NTB yang mungkin kedepan pantas diusulkan jadi pahlawan nasional.” ujarnya.

Nurdin mengatakan, tanggal 10 November adalah hari pahlawan nasional. Setiap tahun, pemerintah biasanya memberikan tanda kehormatan dan penyematan status pahlawan nasional kepada putra-putri terbaik bangsa, sehingga kedepan perlu menjadi pemikiran bersama agar figur-figur dari NTB bisa menjadi pahlawan nasional.

Untuk tahun ini, pemerintah melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan memberikan gelar pahlawan nasional kepada tiga tokoh yaitu Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat asal Yogyakarta, Lambertus Nicodemus Palar dari Sulawesi Utara dan Letjen TNI (Purn) TB Simatupang asal Sumatera Utara. Hingga saat ini pemerintah telah menetapkan sebanyak 156 pahlawan nasional.(ris)

Source: GlobalFMLombok

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s