Banjir Bandang Terjang Lombok Timur, Diduga Akibat Illegal Loging | Global FM Lombok


http://globalfmlombok.com/content/banjir-bandang-terjang-lombok-timur-diduga-akibat-illegal-logging

Mataram (Global FM Lombok)-

Banjir bandang kembali menerjang Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Banjir terjadi mulai Selasa pagi kemarin akibat hujan yang turun terus-menerus selama beberapa hari teraakhir. Akibatnya ratusan warga dari sejumlah desa di kecamatan Sambalia memilih mengungsi ke lokasi yang memiliki daratan yang lebih tinggi.

Wakil Ketua DPRD NTB Suryadi Jaya Purnama kepada Global FM Lombok Rabu (14/03) menerangkan, banjir bandang yang terjadi di Sambelia lebih besar dari banjir yang menerjang daerah tersebut tahun 2006 silam. Ia berharap pemerintah provinsi NTB serta pemerintah daerah Lombok Timur segera turun tangan untuk membantu warga yang menjadi korban banjir bandang.

Ia menegaskan, ada dana tak tersangka dari APBD 2012 yang khusus dipergunakan untuk menanggulangi bencana alam. Kebutuhan mendesak yang harus segera diditribusikan oleh pemerintah yakni makanan dan obat-obatan. Sementara untuk jangka menengahnya nanti, pemerintah harus membangun kembali fasilitas atau sarana umum yang rusak seperti jalan, jembatan dan lain sebagainya.

Sejauh ini belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian kali ini. Untuk korban materi, jajaran pemerintah daerah sedang melakukan perhitungan dilokasi kejadian. Sementara musibah banjir ini diduga akibat pembalakan liar atau illegal loging di hutan sehingga air bah tidak mampu terbendung.

Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur Saiful Bahri mengatakan, beberapa sungai di Sambalia meluap sehingga merobohkan jembatan penghubung antara Sambalia dan Sembalun. Warga yang terkena banjir mengungsi ke Masjid, kantor Desa Belanting dan kantor Camat Sambelia, puskemas dan tempat umum lainnya. (ris)-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s