Pasien ‘’Suspect’’ Flu Burung Terus Berdatangan ke RSUD Bima


http://www.suarantb.com/2012/03/10/wilayah/Mataram/detil5.html

Bima (Suara NTB)-
Sejak empat hari lalu, pasien rujukan diduga (suspect) flu burung terus berdatangan ke RSUD Bima. Hingga Jumat (9/3) kemarin, tercatat sudah tujuh pasien yang dirawat. Hanya saja, tiga dari tujuh pasien memilih pulang paksa karena masalah biaya.

Direktur RSUD Bima dr Tini Wijanari saat ditemui Jumat (9/3) kemarin, mengatakan selama empat hari terakhir tercatat sudah tujuh pasien suspect flu burung yang dirujuk ke RSUD. Enam pasien dari Kabupaten Bima sementara satu pasien dari Kota Bima. Masing-masing Az (2,5 bulan), LB (11 bulan), Mf (3) asal Kecamatan Bolo, Rus asal Desa Monta Kecamatan Monta, Mel Madapangga, serta seorang lagi dari Kecamatan Belo. Sementara San (3,2) dari Kota Bima tepatnya asal Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota.

Hanya saja, terang Tini, dari tujuh pasien ini tidak semua suspect. Pasalnya hanya menderita radang paru-paru dan reaksi obat. Sehingga orang tua tiga dari empat pasien tersebut memilih memulangkan paksa anaknya. Masing-masing LB, Az, dan Mf. Sementara tiga lainnya masih dirawat secara intensif di ruang khusus.

“Meski mereka pulang paksa, mereka tetap dipantau oleh petugas Dinas Kesehatan (Dikes),” ujar Tini. Hasilnya, setelah ditinjau di rumah masing-masing, para pasien tersebut memang sudah membaik. Sementara sisanya yang dirawat kondisinya semakin membaik. Hanya saja, dua orang yang masuk kemarin malam belum diketahui perkembangannya. Kalau hasil pemeriksaan medis, kondisinya terus menurun, mereka akan dirujuk dirujuk ke Mataram.

Dalam menangani pasien diduga flu burung, lanjutnya, pastinya di RSUD Bima siap untuk menangani. Bahkan pihaknya sudah mempersiapkan skenario. Artinya, begitu dirujuk ke RSUD Bima, pasien langsung dibawa ke IGD kemudian dilanjutkan ke ruang isolasi. Bagi pasien yang kondisinya sudah baik maka dipindahkan ke ruang pemulihan.

Yang terpenting, tambahnya, adalah masalah pencegahan yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Dikes. Sementara Rumah Sakit hanya menangani dampak suspect yang dirujuk. (use)

2 pemikiran pada “Pasien ‘’Suspect’’ Flu Burung Terus Berdatangan ke RSUD Bima

  1. Ping balik: Flu Burung Kembali Lagi Menyerang di Bali | RuangKabar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s