Diduga Palsukan KHS Calon Ketua BEM Unram Terancam Dipecat


http://www.suarantb.com/2012/03/01/Sosial/detil1%201.html

Mataram (Suara NTB) –

Dugaan kasus pemalsuan nilai Kartu Hasil Studi (KHS) salah satu oknum mahasiswa Universitas Mataram (Unram), dianggap sudah keterlaluan dan dianggap sebagai penipuan serta penistaan terhadap etika akademis. Oknum mahasiswa itu pun terancam dipecat, jika terbukti memalsukan KHS.

Kasus dugaan pemalsuan KHS ini sempat memicu ketegangan antara pihak kampus dengan pihak mahasiswa yang berdemo, Rabu (29/2) kemarin. Puluhan mahasiswa berdemo di depan gedung rektorat Unram untuk menuntut pihak rektorat memberantas berbagai bentuk penistaan akademik, baik yang dilakukan oknum mahasiswa atau pun dosen.

Ikbal, koordinator Forum Penyelamat Akademik Kampus Unram, menyebut, oknum mahasiswa tersebut saat ini sedang menempuh studi di Fakultas Hukum semester VI. Menurutnya, oknum mahasiswa tersebut diduga telah melakukan pemalsuan terhadap nilai KHS-nya. IPK yang semula 2,32 kemudian disulap menjadi 2,92. Hal ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan pencalonan ketua BEM Unram 2012.

Rektor Unram Prof. H. Sunarpi, PhD, yang menemui mahasiswa, berjanji akan menindak tegas, baik mahasiswa maupun dosen yang terbukti melakukan pelanggaran. Rektor menganggap jika pemalsuan nilai KHS ini merupakan salah satu pelecehan sistem akademik yang telah dibangun Unram sejak lama.

Sunarpi menyebut saat ini kampus Unram telah memiliki kode etik yang mengatur masalah dosen, pegawai dan mahasiswa. Maka setiap pelanggaran yang dilakukan tak hanya oleh dosen bahkan hingga mahasiswa harus ditindak tegas, asalkan ada bukti-bukti akademik yang membuktikan.

Rektor meminta, melalui Pembantu Rektor III segera menghimpun data. Jika terbukti benar, maka semua pihak terkait yang melakukan tindakan pemalsuan ini akan diberikan sanksi tegas. Bahkan hingga tindakan pemecatan baik pada mahasiswa bersangkutan maupun dosen yang terkait. “Penyimpangan akademik tak hanya mahasiswa, bahkan dosen yang terbukti melakukan penyimpangan, saya janji akan tindak tegas,” tegasnya. (nia)

6 pemikiran pada “Diduga Palsukan KHS Calon Ketua BEM Unram Terancam Dipecat

  1. hal biasa bagi yang haus kekuasaan layaknya Jendral Tangan Besi. Selalu memakai cara busuk untuk menghancurkan lawan politiknya untuk mempertahankan kekuasaannya. Di lingkungan UNRAM ini hal tersebut biasa, membuat pernyataan yang tidak sesuai fakta. Apa lagi dengan mencemarkan nama baik orang lain.
    Faktanya, KHS calon ketua BEM tersebut belum keluar, sedangkan batas pendaftaran ketua BEM hanya 2 hari. Jadi terpaksa saudara calon ketua BEM itu membuat transkrip nilai dengan perhitungan dari beberapa nilai yang sudah keluar dan dari nilai KHS sebelumnya.
    Ada 1 hal lagi yang sangat lucu, yang bergelut di politik PRAKTIS kampus ini, yang haus kekuasaan ini dari kalangan mereka yang berpeci, yang berjanggut, dan berjubah yang seharusnya kerjanya berdakwah, mengaji dan mendalami ilmu agama, bukannya menjadi boneka Birokrat kampus yang kebusukannya tak jauh beda dengan yang duduk di kursi DPR.

    kalau komentar saya dihapus admin, berarti negara ini namanya saja negara demokrasi, tapi nyatanya tidak.

  2. apapun namanya, kampus adalah tempat pembelajaran diri. bisa saja kampus menjadi ladang kotor. tergantung setiap pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s