Usut Dugaan Penyimpangan Dana KP3S Kejaksaan Beri Sinyal, Polda Tunggu Audit Inspektorat


http://www.suarantb.com/2012/02/22/wilayah/Mataram/detil2.html

2.pngTriyono BP & Suluh Dumadi (Suara NTB/bul/ars)

Mataram (Suara NTB)
Dugaan penyimpangan pada penggunaan dana hibah Komite Pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa (KP3S) direspon penegak hukum. Kasus itu akan disentuh dengan beberapa pertimbangan. Sebagaimana disampaikan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati NTB, Suluh Dumadi, SH, pihaknya masih menyelesaikan tunggakan kasus yang ada. Sementara Direskrimsus Polda NTB, Kombes Pol Drs. Triyono Basuki Pujono, M.Si memastikan menunggu hasil audit Inspektorat NTB.

Suluh Dumadi menegaskan, kinerja penyidik Kejaksaan saat ini masih fokus dengan beberapa kasus yang masih jadi tunggakan. Seperti kasus Bansos Lombok Barat yang menunggu perhitungan BPKP, kasus TPA Kabupaten Lombok Utara. “Kami berusaha tuntaskan dulu kasus yang ada, tapi tidak menutup kemungkinan ke arah sana (KP3S, red),” terang Suluh, menjawab Suara NTB di ruangannya, Selasa (21/2) kemarin.

Ada juga kasus lain yang sudah masuk dalam tahap penyelidikan, sehingga pihaknya masih fokus ke beberapa kasus yang baru masuk. “Nanti kita akan lihat seperti apa dugaan penyimpangannya di KP3S itu, sambil kami konsen dulu dengan kasus yang sudah ada,” ujar Suluh memberi sinyal.

Ditemui terpisah, Triyono yang sempat memantau perkembangan persoalan itu, mengaku masih menghargai proses yang dilakukan oleh Inspektorat NTB. “Biarlah Inspektorat bekerja dulu. Nanti seperti apa hasilnya, akan kita lihat,” kata Triyono yang ditemui terpisah kemarin. Dalam temuan Inspektorat itu, pihaknya masih harus menilai apa saja yang menjadi unsur penyimpangan dalam temuan Inspektorat.

Jika memang unsur dugaan korupsinya kuat, pihaknya tidak akan tinggal diam, dengan berupaya koordinasi ke Inspektorat untuk data lengkap. “Kami akan coba koordinasi dengan Inspektorat untuk kelengkapan datanya, kalau memang layak untuk diproses lebih lanjut,” tandasnya.

Triyono juga memastikan, persoalan apapun menyangkut keuangan negara dan daerah, jika ada kerugian yang timbul, akan diproses hukum. Apalagi dia sudah menegetahui soal adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov NTB dengan Polda NTB dalam hal penegakan hukum. “Tapi saya hargai dulu apa yang menijadi kegiatan Inspektorat sekarang. Kita tunggu saja apa hasilnya,’’ pungkasnya. (ars)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s