Mochlis: Wali Kota Harus Berani Tegas


MATARAM-Beberapa minggu lagi, pasangan H Ahyar Abduh dan H Mohan Roliskana genap setahun memimpin Kota Mataram. Dalam kurun waktu setahun itu, banyak program yang pelaksanaannya dinilai masih kurang maksimal. Hal itu ditengarai akibat lembeknya kinerja sejumlah SKPD.
Terkait hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Mataram TGH Ahmad Mochlis menyarankan agar pasangan AMAN (Ahyar-Mohan) segera melakukan evaluasi. Baginya, evaluasi besar-besaran tanpa pandang bulu menjadi satu-satunya solusi untuk menggenjot kinerja setiap SKPD. ‘’Wali kota harus berani mengambil tindakan tegas. Ini demi keberhasilan dan nama baiknya di masyarakat,’’ kata politisi PKS ini.


Menurutnya, beberapa SKPD memang memerlukan penyegaran. Sebab, banyak pejabat dalam sebuah SKPD yang sudah sangat lama menjabat di satu tempat. ‘’Ini bisa jadi mereka sudah jenuh di tempat itu. Jadi perlu dipindah,’’ sarannya.
Mochlis juga meminta wali kota untuk lebih selektif dalam memperpanjang masa pensiun sejumlah pejabat. Dikatakan, memperpanjang masa pensiun pejabat sebenarnya sah-sah saja. Tapi tentu harus dilihat kebutuhannya. ‘’Kalau memang kinerjanya sudah di bawah standar, kenapa harus diperpanjang?’’ tegasnya.
Menurutnya, evaluasi dan mutasi yang dilakukan wali kota akan memunculkan semangat baru bagi semua pejabat SKPD. Namun, sebelum melakukan evaluasi ia meminta wali kota agar menetapkan dulu tolok ukurnya. ‘’Walaupun evaluasi dan mutasi, tapi tolok ukurnya tidak jelas, ya tidak akan ada pengaruhnya,’’ cetus Mochlis.
Dikatakan, kepemimpinan AMAN harus mampu membuat posisi Mataram bergeser ke arah yang lebih baik. Misalnya dari segi penilaian BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). ‘’Ke depan Mataram harus bisa meraih predikat Wajar Tanpa Penilaian (WTP). Jangan lagi puas dengan WDP (Wajar Dengan Pengecualian),’’ jelasnya.
Sebelumnya, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh beberapa waktu lalu memang mengindikasikan akan segera melakukan evaluasi terhadap sejumlah pejabat. Evaluasi itu sedianya dilakukan pada 11 Juli lalu. Tapi karena berbagai alasan dan kesibukan, evaluasi itu batal digelar.
Mengenai batalnya evaluasi itu, Wali Kota melalui Sekda Kota Mataram HL Makmur Said menegaskan, evaluasi program setiap SKPD tetap akan dilaksanakan. Paling lambat sebelum masuknya bulan Ramadan. ‘’Evaluasi tetap dilakukan,’’ jelasnya.(oni)

sumber: Lombok Post

Satu pemikiran pada “Mochlis: Wali Kota Harus Berani Tegas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s