HK Diberi Waktu 15 Bulan


TANJUNG—PT Hutama Karya (HK) yang menjadi rekan kerja PT Suar Investindo Kapital diberi waktu 15 bulan untuk mengerjakan Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro (PTLMH) di Desa Bentek Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Limit waktu tersebut berdasarkan pada klausul kontrak dengan PLN. Proses pengerjaan PTLMH mulai dari pembangunan fisik hingga bisa beroperasi harus tuntas sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Manajer Operasional PT Suar Investindo Kapital Lalu Suryapati, mengatakan, fisik pembangunan dan pembebasan jalan sedang berjalan. Yang telah dikerjakan hingga saat ini akses jalan yang menuju lokasi PTLMH yang telah rampung sepanjang tujuh kilometer.

Sedangkan untuk akses jalan dengan panjang sembilan kilometer masih dalam proses pembebasan lahan. ‘’Untuk pembukaan akses jalan di lokasi PLTMH masih terkendala pembebasan lahan. Namun hambatan tersebut bukan menjadi persoalan yang berimbas pada gagalnya pembangunan tersebut,’’ katanya, di ruang kerja Kabag Pembangunan Setda KLU, H Irman, kemarin.

Lahan yang digunakan untuk lokasi pembangunan seluas 16 hektare (ha). Namun, sebagian lahan masih belum dibebaskan karena terbentur harga. ‘’Kalau untuk jalan tinggal pelebaran saja,’’ jelasnya.

Dikatakan, sistem yang digunakan dalam PLTMH yakni sistem island. Gardu PLN tersebut akan langsung dipasang di lokasi pembangunan. Nantinya, daya yang akan dihasilkan oleh PTLMH itu sebesar 6,7 mega watt dengan menggunakan konstruksi turbin yang dilapisi kaca. ‘’Tenaga sebesar itu bisa digunakan oleh beberapa desa. Saking semangatnya, warga setempat menginginkan penyalaan PTLMH ini segera dilakukan,’’ terangnya.

Kepada H Irman, Suryapati, menanyakan prosedur izin pembangunan dan biaya untuk pembangunan fisik dengan luas bangunan yang berbeda. ‘’Kita tanyakan biar jelas. Berapa pajak yang diperuntukan pada bangunan pada titik yang akan dilakukan pembangunan,’’ ungkpanya.

Sementara itu, H Irman mengatakan, kehadiran PTLMH akan memberikan energi listrik yang akan mengaliri sejumlah kompleks perumahan termasuk rumah warga. Keberadaan PTLMH ini nantinya cukup membantu KLU yang lagi merintis pembangunan.

Dikatakan, pembangunan PTLMH ini harus selesai sesuai dengan batas waktu yang telah dituangkan dalam kontrak. ‘’Saat ini pembangunan sedang berjalan. Karena mereka dikejar oleh waktu. Jadi harus cepat-cepat mengerjakannya,’’ jelas dia.

Apakah lokasi pembangunan PTLMH lahan hidup?

Dijelaskan, lahan yang akan digunakan untuk pembangunan PTLMH tersebut tidak termasuk dalam lahan hidup. Karena tempat pembangunannya berada di gunung. Lahan yang tidak bisa diberikan izin untuk melakukan pembangunan yakni lahan basah yang menjadi sumber pendapatan warga. ‘’Keberadaan PTLMH ini tidak akan mengganggu dan merusak lahan hidup,’’ jelasnya. (cr-mis)

sumber HK Diberi Waktu 15 Bulan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s