Bupati Harus Bisa Mencarikan Duit


DOMPU—Akademisi Dompu Drs H Muh Amin MM angkat bicara soal problem tenaga honorer. Menurutnya, merumahkan ribuan tenaga honorer akan menambah beban baru bagi pemerintah daerah yaitu munculnya pengangguran. Karena itu, merumahkan bukan solusi tepat bagi terciptanya pemerintah yang kuat dan berwibawa.

Ketua Yayasan Al-Amin yang membawahi STAI dan STKIP Al-Amin ini menilai untuk menyelesaikan problem itu perlu keseriusan Bupati dan Wakil Bupati Dompu untuk mencarikan uang bagi pembiayaan tenaga honorer, sebab harus disadari APBD Dompu tak akan mampu menalangi pembiayaan dimaksud. ‘’Untuk menyelesaikannya Bupati harus pandai mencari duit,’’ tandas Muh Amin di kampusnya Sabtu kemarin.

Mantan calon Bupati ini, tak bisa membayangkan kalau rencana merumahkan ribuan orang itu menjadi kenyataan sebab akan memunculkan reaksi yang keras dari mereka yang berharap pada pekerjaannya. Karena itu kekuatan Bupati dan Wakil Bupati untuk mencarikan alternatif lain dalam pembiayaan sangat diharapkan untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer.

Cara yang bisa dilakukan lanjut Muh Amin yakni dengan membangun jaringan dan kerjasama dengan pihak pusat maupun pihak-pihak lain yang bisa memberikan bantuan. ‘’Saya kira tergantung kekuatan lobi pimpinan daerah, semua bisa kok,’’ jelasnya.

Menciptakan pengangguran baru tambahnya sangat berbahaya bagi keberlangsungan memimpin daerah ini dan pada saatnya akan menjadi bom waktu yang akan meluluhlantahkan ketenteraman daerah.

Masuknya ribuan tenaga honorer diuraikan Amin lebih disebabkan oleh keserakahan, baik lewat nepotisme, finansial maupun politik. Dia tidak menyalahkan seluruhnya akibat ulah nakalnya para kepala dinas, sebab kecenderungannya ada kekuatan lain yang bisa mempengaruhi kebijakan para kepala dinas. Sistem pemilihan langsung bagi Pilkada merupakan salah satu penyebabnya, sebab untuk memenuhi janji pemimpin terpilih maupun tim sukses salah satunya dengan menjadikan seseorang sebagai tenaga honorer. ‘’Ini akibat keserakahan,’’ tandasnya. (am)
Sumber: Bupati Harus Bisa Mencarikan Duit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s