Dana APBN Minim


BERDASARKAN data, dari  33 provinsi yang ada di Indonesia, NTB selalu mendapatkan anggaran dari APBN yang paling rendah. Dana yang didapatkan NTB dari APBN lebih kecil dibandingkan dengan rasio jumlah penduduk.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD NTB, Suryadi Jaya Purnama,ST  pada acara Milad PKS yang ke 13 di kantor DPW PKS NTB di Mataram Minggu (24/4) kemarin. ‘’Kita mendapatkan dana dari APBN itu lebih kecil dibandingkan dengan rasio jumlah penduduk. Banyak data,  seluruh provinsi di Indonesia  NTB selalu mendapatkan anggaran nomor ke 33,” ujarnya.

Suryadi Jaya Purnama mencontohkan, tetangga NTB yaitu Bali dan NTT dengan jumlah penduduk yang jauh lebih kecil dari NTB, mereka mendapatkan dana dari APBN hampir dua kali lipat dari NTB. ”Tetangga kita NTT yang penduduknya di bawah kita (NTB,Red), mereka mendapatkan APBN dua kali lipat dari NTB serta tetangga kita sebelah barat yaitu Bali, yang penduduknya lebih kecil dari NTB, mereka mendapatkan APBN dua kali lipat daripada NTB,”jelasnya.

Suryadi Jaya Purnama juga membeberkan berdasarkan fakta, ketika NTB terkena gizi buruk dan busung lapar  dimana NTB merupakan provinsi yang tertinggi terkena kasus gizi buruk dan busung lapar. NTT terbesar kedua setelah NTB, dalam hal bantuan dana dari pemerintah malah NTT mendapatkan alokasi dana yang lebi besar mencapai Rp 70 miliar sedangkan NTB hanya mendapatkan Rp 9 miliar.

“Saya yang menjadi saksi di Badan Anggaran DPRD NTB. Ada fakta lain ketika meningkatnya angka gizi buruk dan busung lapar , provinsi tertinggi terkena kasus ini adalah NTB disusul NTT. Kemudian pemerintah pusat mengeluarkan dana untuk menanggulangi kasus gizi buruk dan busung lapar ini, NTT mendapatkan  Rp 70  miliar sedangkan  NTB mendapatkan Rp 9 miliar,” bebernya.

Suryadi Jaya Purnama menjelaskan sesungguhnya NTB tidak mendapatkan apa-apa dari pemerintah pusat seandainya tidak ada Newmont yang beroperasi di NTB. Karena dana yang diberikan pemerintah pusat dari hasil royalti PT NNT  sebesar Rp 240 miliar  ke daerah sama besarnya dengan DAU yang diberikan pemerintah pusat kepada provinsi-provinsi lain di Indonesia yang tidak memiliki aktivitas tambang di daerahnya.

Untuk itu ia berharap kepada semua fraksi-fraksi PKS yang berada di tingkat kabupaten/kota di NTB untuk memperjuangkan hak-hak rakyat NTB mendapatkan kesejahteraan melalui divestasi 7 persen saham PT NNT tersebut.(nas)

sumber: Suara NTB.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s