Pelaksanaan e-KTP Tinggal Tunggu Perangkat


Mataram (Suara NTB) –
Pelaksanaan e-KTP atau KTP elekronik di Kota Mataram tinggal menunggu perangkat computer dari pemerintah pusat. Persiapan lainnya, sudah rampung dikerjakan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Ibrahim, SH., yang dikonfirmasi di Kantor Wali Kota Mataram, Kamis (24/3) kemarin menyatakan, pemutakhiran data penduduk Kota Mataram, sudah selesai dilakukan. Dari pendataan tersebut, diketahui terjadi kenaikan jumlah penduduk. Baik yang berasal dari mutasi penduduk maupun kelahiran baru.

Pelaksanaan E-KTP ditargetkan paling lambat bulan Juli mendatang. ‘’Kalau sekarang alatnya datang, langsung kita operasionalkan,’’ tutur Ibrahim. Alat ini, akan ditempatkan di Kantor Camat. Di mana masing-masing kecamatan akan mendapat dua unit perangkat e-KTP. ‘’Totalnya 14 perangkat komputer untuk e-KTP, karena yang dua kita taruh di kantor (Dinas Dukcapil, red),’’ ucapnya.

Dari kegiatan pemutakhiran data, diketahui jumlah penduduk Kota Mataram saat ini mencapai 415.732 jiwa. Selain meng-up date jumlah penduduk di ibukota Provinsi NTB ini, Dinas Dukcapil juga menerbitkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) bagi warga yang tinggal di lingkungan yang baru bergabung dengan Kota Mataram.

Pada bagian lain Ibrahim menyatakan kalau pihaknya sudah siap melaksanakan e-KTP. Sebab, dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan pelatihan bagi SDM yang akan berhadapan langsung dengan perangkat komputer untuk e-KTP ini. (fit)

2 pemikiran pada “Pelaksanaan e-KTP Tinggal Tunggu Perangkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s