Tolak Gunakan Dana APBN Komisi VII DPR RI Dukung Pemda Beli 7 Persen Saham Newmont


Komisi VII DPR RI, mendukung pemerintah daerah di NTB (Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa dan Pemkab Sumbawa Barat) untuk membeli 7 persen sisa saham PT.Newmont Nusa Tenggara (NNT) tahun 2010. Komisi yang membidangi pertambangan itu juga menyatakan penolakan jika uang APBN digunakan untuk membeli 7 persen saham itu.

Dukungan tersebut disampaikan Komisi VII dalam acara dengar pendapat yang dipimpin Ketua Komisi VII, Efendi Simbolon, Selasa (11/1) kemarin di Jakarta. Anggota Komisi VII DPR RI, M. Syafrudin, ST, mengakui pihaknya memang telah menggelar pertemuan dengan rombongan DPRD NTB yang dipimpin oleh Ketua DPRD NTB, Drs. H. L. Sujirman. Ikut pula dalam rombongan itu, Wakil Gubernur (Wagub NTB) NTB, Ir. H. Badrul Munir, MM, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTB, Direktur PT.Daerah Maju Bersaing( DMB) dan lainnya. “Rombongan berjumlah 14 orang,” sebutnya.

Pembicaraan dengan Komisi VII rupanya juga memberikan angin segar bagi pemerintah daerah. “Komisi VII DPR RI tidak menyetujui penggunaan APBN untuk membeli sisa saham 7 persen oleh Pemerintah Pusat,” tandas anggota DPRD NTB, Drs. Ruslan Turmudzi, yang ikut dalam rombongan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI.

Ruslan menjelaskan bahwa Komisi VII DPR RI telah mendengarkan pemaparan dan penjelasan dari pihak Pemprov NTB dan Ketua DPRD NTB serta para anggota fraksi-fraksi DPRD NTB. Pihaknya telah menjelaskan sejak kronologis terjadinya divestasi hingga hasil keputusan arbitrase mengenai kewajiban divestasi oleh pihak PT. NNT. Dijelaskan pula soal adanya surat Pemprov NTB kepada Pemerintah Pusat c.q. Menteri Keuangan untuk dapat memiliki sisa divestasi sebesar 7 % dari 31% alokasi divestasi yang diwajibkan berdasarkan kewajiban arbitrase.

Sementara, anggota DPRD NTB, Johan Rosihan, ST, menambahkan bahwa Komisi VII DPR RI telah memberikan dukungan atas keinginan Pemprov NTB untuk mendapatkan sepenuhnya hak atas 31% dari saham PT. NNT. Komisi VII juga akan meneruskan permintaan Pemprov NTB ini kepada Pemerintah Pusat dan instansi terkait lainnya.

“Komisi VII DPR RI tidak menyetujui penggunaan APBN untuk membeli sisa saham 7% oleh Pemerintah Pusat,” tandas Johan.

Wagub NTB menambahkan, adanya dukungan dari Komisi VII ini secara langsung memudahkan pemerintah daerah untuk membeli 7 persen saham tersebut. Seperti diketahui, sebelumnya pemerintah daerah telah membeli 24 persen saham dari 31persen saham secara keseluruhan. ‘’Karena ini merupakan satu kesatuan dengan yang sudah dibeli 24 persen, sehingga 7 persen ini tidak boleh dipisah,’’ terang Badrul via telepon kepada Suara NTB, Selasa malam kemarin.

Dalam dengar pendapat itu kata Wagub, Komisi VII prinsip utamanya berharap agar divestasi saham Newmont ini harus memberi manfaat sebesar-besarnya bagi daerah dan masyarakat NTB. ‘’Instrumen efektif ini dengan memberi kesempatan kepada daerah untuk memiliki saham tersebut,’’ jelasnya.

Galang Dukungan

Ketika Pimpinan dan anggota DPRD NTB bertemu Komisi VII DPR RI dengan tujuan untuk menggalang dukungan untuk membeli 7 persen saham Newmont, sejumlah elemen di daerah menggalang dukungan ikut mendesak pemerintah pusat agar bisa membeli 7 persen saham tersebut.

Penggalangan dukungan dilakukan masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat NTB untuk Divestasi. ‘’Kami dari Masyarakat NTB untuk Divestasi menyatakan sikap mendukung Pemda untuk menguasai saham itu,” kata Bambang F salah seorang anggota Forum Masyarakat untuk Divestasi, kemarin.

Dalam menggalang dukungan itu, pihaknya juga akan melakukan sejumlah upaya. Diantaranya dalam waktu dekat akan hearing dengan Komisi VII DPR RI dan menggalang dukungan melalui pembubuhan 100 ribu arang. Penggalangan tanda tangan ini akan berlangsung di empat tempat, yakni di Lombok Timur, Taliwang, KSB dan Kota Mataram. (aan/her)

Source: suarantb.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s