Penyelesaian BIL, Setengah Hati


 

Suryadi JP, wakil ketua DPRD NTB

 

MOLORNYA penyelesaian proyek Bandara Internasional Lombok (BIL) mulai menimbulkan keresahan. Bahkan, kini mulai muncul pertanyaan soal kesungguhan pihak Angkasa Pura dalam menyelesaikan proyek tersebut. Molornya penyelesaian BIL telah menimbulkan gangguan terhadap pencapaian target – target kerja pemerintah daerah.

“Sudah beberapa kali kami dijanjikan, tapi tidak pernah terealiasasi,” tandas Wakil Ketua DPRD NTB, Suryadi Jaya Purnama, ST, kepada Suara NTB, Selasa (28/12) kemarin. Menurut Suryadi, adanya kendala teknis di lapangan seharusnya tidak dijadikan alasan atau ganjalan untuk merampungkan pengerjaan BIL.

Menurutnya, salah satu kendala dimaksud adalah adanya kesalahan dalam pengerjaan sudut elevasi bangunan terminal yang menjadi bangunan utama di proyek BIL. Kesalahan ini menurut Suryadi membuat rekanan yang mengerjakan proyek itu harus melakukan perbaikan lagi. Tapi, kendala inipun seharusnya tidak menjadi ganjalan serius.

‘’Seharusnya tidak boleh ada kendala tekhnis yang membuat agenda – agenda daerah terganggu,’’ tegas Suryadi. Ia menegaskan, Pemprov NTB sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya pendekatan untuk membangun jalur penerbangan internasional. Jadwal sudah ditetapkan untuk memulai penerbangan. Namun, belum rampungnya BIL tentu saja membuyarkan target itu.

Suryadi mensinyalir, kendala utama sebenarnya bukan terletak pada persoalan tekhnis, melainkan pada keinginan dari Angkasa Pura. ‘’Ini masalah keinginan kuat dari Angkasa Pura, yang saya sebut setengah hati,’’ tandasnya. Jika BIL tidak juga rampung, Suryadi menegaskan mungkin sudah saatnya pemerintah daerah mengusulkan atau merekomendasikan pergantian pada jajaran direksi Angkasa Pura.

Untuk memantau perkembangan terakhir dari pelaksanaan proyek ini, Suryadi menegaskan dalam waktu dekat pihaknya akan segera memanggil Angkasa Pura. Sebelumnya, Komisi III DPRD NTB juga sudah berulang kali menggelar koordinasi dengan pihak Angkasa Pura. Berulang kali pula, Angkasa Pura menyampaikan target mereka untuk merampungkan BIL. Namun, target itu selalu tidak bisa ditepati. (aan)

Source: http://www.suarantb.com/2010/12/29/Komentar/index.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s