Jumlah Kendaraan Bermotor Perlu Dibatasi


Mataram (Suara NTB) –
Jumlah kendaraan roda dua di NTB tiap tahunnya terus meningkat dan akan menimbulkan permasalahan tersendiri. Untuk mengantisipasi, perlu ada langkah dengan membuat peraturan pembatasan jumlah kendaraan di NTB.

Berdasarkan data pihak terkait, kalau tiap bulan terjadi peningkatan sekitar 30 % jumlah kendaraan roda dua di NTB. Rata-rata perbulan jumlah kendaraan roda dua mencapai 7 ribu unit.

Demikian disampaikan Kepala Dishubkominfo NTB, Ir. Ridwan Syah, saat mengahadiri sosialisasi tertib lalu lintas bersama PT. Jasa Raharja di Mataram Selasa (28/12) kemarin. Tingginya angka konsumsi masyarakat terhadap kendaraan terlihat dari jumlah kendaraan roda dua yang pada tahun 2010 sudah mencapai 500 ribu unit. Penambahan jumlah kendaraan bermotor perbulan rata-rata mencapai 7 ribu unit lebih.

“Diperkirakan tahun 2010, 500 ribu unit lebih motor beredar di masyarakat dan tiap bulannya terus meningkat,” katanya kepada wartawan. Dikatakan keberadaan kendaraan bermotor terutama roda dua yang terus meningkat akan menimbulkan permasalahan tersendiri. Salah satu permasalahan yang tampak terlihat saat ini adalah tingginya angka kecelakaan pengendara kendaraan roda dua.

Untuk itu, kata dia perlu ada peraturan pembatasan terhadap keberadaan kendaraan di NTB. Terutama terhadap pihak penyalur kendaraan agar membatasi dan membuat standar penyuplaian kendaraan kepada masyarakat.

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor dipicu oleh kian mudah prosedur kepemilikan dan murahnya harga kendaraan bermotor, terutama roda dua. Dengan keadaan itu masyarakat berlomba-lomba mendapatkan kendaraan.

Namun, sejauh ini penerapan aturan pembatasan kendaraan bermotor itu tentu akan menimbulkan pro dan kontra. “Selama ini kita sudah mau mencoba namun hal itu menjadi masalah ketika peraturan itu diterapkan di masyarakat,” akunya. (her)

source: Suara NTB

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s