Dugaan Penyalahgunaan Keuangan Negara Capai 23 M Lebih


Menanggapi temuan inspektorat provinsi NTB terkait dengan dugaan penyalahgunaan keuangan negara yang mencapai 23 milyar rupiah lebih yang ditemukan di beberapa SKPD dari tahun 2001 sampai Oktober 2010, pimpinan DPRD NTB menyarankan agar segera dilakukan verifikasi kasus. Jika dugaan penyalahgunaan anggaran tersebut berupa pelanggaran administrasi, maka harus diselesaikan secara administrative berupa pengembalian dana yang sudah terpakai. Namun jika pelanggaran tersebut masuk dalam ranah pidana, pemda harus menyerahkan persoalannya pada institusi penegak hukum.

Wakil Ketua DPRD NTB Suryadi Jaya Purnama ST kepada Global FM Lombok Selasa (28/12) pagi mengatakan, karena masih muncul kasus dugaan penyelewengan anggaran di beberapa SKPD di pemprov NTB sehingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum bisa memberikan opini wajar tampa pengecualian pada laporan APBD 2009 lalu. Menurutnya, sejumlah persoalan dugaan penyelewengan anggaran sejak tahun 2002 sampai 2010 masih dalam proses penyelesaian. Sehingga diharapkan, persoalan ini bisa diselesaikan secara bertahap dengan mengikuti mekanisme aturan yang ada.

Menurut Suryadi, dugaan penyelewengan anggaran sebesar 23 milyar rupiah lebih tersebut dijumpai juga pada mantan pejabat yang sudah meninggal dunia serta mantan pejabat yang sudah tidak mampu lagi mengembalikan anggaran yang sudah diambil. Terkait dengan persoalan ini, dibutuhkan kebijakan politik di DPRD NTB sebagai refrensi hukum untuk menyelesaikan masalah ini. Namun sejauh ini belum ada pertemuan antara legislative dan eksekutif berkaitan dengan kebijakan yang akan ditempuh dalam upaya mengembalikan anggaran yang diselewengkan oleh pejabat bersangkutan.

Sebelumnya, Kepala Inspektorat NTB H Chairul Maksul menegaskan, dari 23,598 milyar rupiah dugaan penyalahgunaan keuangan Negara tersebut sebanyak 12,221 milyar rupiah yang sudah di kembalikan kepada daerah. Sementara sisanya sebesar 11 milyar rupiah masih belum dikembalikan oleh SKPD yang terlibat dalam dugaan penyalahgunaan tersebut. (ris)

Source: http://globalfmlombok.com/content/dugaan-penyalahgunaan-keuangan-negara-capai-23-m-lebih-jika-ada-pelanggaran-pidana-serahkan-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s