Kembali, Pemkab Lobar akan Ajukan Raperda Peningkatan Status Desa


Lombok Barat, SumbawaNews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat  berencana mengajukan kembali rancangan peraturan daerah tentang peningkatan status 10 desa menjadi kelurahan kepada DPRD Lobar pada awal Januari 2011 mendatang. 

“Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang peningkatan status 10 desa ini segera diajukan ke DPRD awal Januari 2011,” kata Bupati Lobar, DR H Zaini Arony di Giri Menang, Gerung, Selasa (28/12).
Pengajuan kembali ini, menurut bupati, karena dewan melalui mekanisme voting memutuskan menolak pengajuan sebelumnya terhadap raperda tentang peningkatan status tiga desa menjadi kelurahan pada Oktober 2010.
“Namun ini tidak mematahkan semangat pemerintah daerah. Bahkan dari tiga desa yang diajukan untuk peningkatkan status menjadi kelurahan itu sekarang sudah ditambah menjadi 10 desa. Antara lain, Desa Gerung Utara, Gerung Selatan dan Dasan Tapen di Kecamatan Gerung, Desa Batu Layar dan Senggigi di Kecamatan Batu Layar, Desa Gunung Sari dan Desa Midang di Kecamatan Gunungsari, Desa Lembuak di Kecamatan Narmada, Desa Labuapi di Kecamatan Labuapi, dan Desa Kediri di Kecamatan Kediri.
“Semua persyaratan administrasi yang dikatakan kurang oleh kalangan DPRD sudah dilengkapi, sehingga tidak ada alasan untuk tidak setuju lagi. Kalau pun sampai terjadi kami akan meminta DPRD untuk menjelaskan apa alasan penolakan mereka,” katanya
Bupati mengatakan perubahan status itu akan membawa dampak positif di antaranya dari sisi pelayanan karena perangkat kelurahan berasal dari  pegawai negeri sipil (PNS), sehingga kinerja mereka dapat dikontrol.
“Dari sisi politik akan membuat kondisi desa jauh lebih kondusif, karena kemungkinan adanya gesekan saat penyelenggaraan pemilihan kepala desa dapat ditiadakan, sebab lurah ditunjuk berdasarkan surat keputusan bupati,” katanya. []

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s